Friday, June 14, 2013

5 Cara Dongkrak Nilai Jual Mobil

Jika Anda berencana membeli mobil dan hanya akan digunakan selama beberapa tahun, pastikan bahwa mobil tersebut memiliki resale value alias nilai jual kembali yang cukup tinggi. Pasalnya, jika harga jual kembalinya tinggi, berarti Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang besar saat akan menebus mobil baru. Jadi, berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantu memaksimalkan nilai jual kembali mobil Anda.
  1. Sebelum membeli mobil, teliti dulu mobil apa yang nilai jualnya bertahan lama. Nilai jual kembali biasanya ditentukan oleh banyak faktor, termasuk kehandalan, daya tahan dan jumlah penggemarnya. Beberapa perangkat opsional seperti penyejuk ruangan hingga sunroof bisa jadi bakal mendongkrak resale value.
  2. Disiplin mengikuti jadwal perawatan rutin dan simpan semua tanda terima. Anda bisa menemukan jadwal perawatan mobil di buku manual. Simpan semua bon atau tanda terima perawatan atau perbaikan se kecil apapun. Calon pembeli biasanya bersedia membayar sedikit lebih mahal jika mobil dilengkapi dengan dokumentasi riwayat perawatan.
  3. Jangan tabrakan. Setiap kali Anda terlibat insiden yang menyebabkan bagian mobil rusak, berarti langsung menurunkan nilai jual kembali. Apalagi jika Anda bertemu dengan calon pembeli yang telah banyak makan asam garam dalam urusan mobil bekas. Namun jika mobil Anda tabrakan, pilih bengkel yang memiliki reputasi terbaik dan gunakan komponen OEM (Original Equipment Manufacturer).
  4. Tahan keinginan untuk memodifikasi mobil. Menghabiskan uang untuk memodifikasi mobil tidak jarang akan menurunkan resale value mobil tersebut. Jika Anda ingin memodifikasi mobil, usahakan modifikasi pada bagian yang tidak merusak komponen lainnya. Seperti mengganti velg hingga meng-upgrade tatanan suara. Simpan komponen lamanya agar komponen tersebut bisa dikembalikan ke kondisi semula sebelum dijual.
  5. Jaga kebersihan mobil. Semakin cantik dan resik tampilan mobil, maka harganya otomatis akan terdongkrak. Mencuci dan memoles mobil secara rutin akan jauh lebih mudah ketimbang melakukan detailing mahal saat akan menjualnya. 
Sumber : rajamobil.com

0 comments:

Loading...

Post a Comment