Monday, September 23, 2013

Modifikasi Toyota 86 Terbaru dengan Sound Quality (SQ)

id-modif.blogspot.com - Modifikasi Terbaru dari Toyota 86 dengan Sound Quality (SQ). Berita modifikasii mobil terbaru kali ini akan menghadrikan info terbaru dari Toyota 86. Kali ini datang dari pemiliki dari media online bosmobil.com yang baru baru ini telah memodifikasi moil terbarunya yaitu Toyota 86 dengan balutan desain interior Sound Quality (SQ). Tak hany sesekali ini pemiliki dari bosmobil memodifikasi mobilnya, namun sudah beberapa mobil sudah di modifikasi ulang.

Modifikasi Toyota 86 Terbaru dengan Sound Quality (SQ)

Instalasi Tak Korbankan Handling

Urusan merealisasikan keinginan, Roland berkolaborasi dengan sang kawan yang juga installer handal bernama Ricky Susanto, dari workshop Revealing Sound. Roland berpesan kepada sang kawan untuk tetap mepertahankan kelincahan laju mobilnya.


“Tantangan dari si bos adalah bagaimana untuk memaksimalkan suara yang ada tanpa merubah ruang kabin, dan juga memikirkan faktor berat dari penambahan beban audio tersebut seminimal mungkin dengan weight distribution yang sebaik mungkin, mengingat ini adalah mobil sport yang di-design untuk handling yang sporty,” cerita Ricky.

Dan akhirnya tercetuslah keputusan bersama untuk membuat instalasi audio sesuai dagan EMMA Master OEM Class. “Jadi harus memaksimalkan sound mobil tersebut dengan menggunakan posisi speaker OEM, dimana perubahan yang diperbolehkan hanyalah penggantian head unit dan perubahan bagasi. Sedangkan bagian interior tidak boleh ada perubahan apapun,” ungkap Ricky.

Peredaman Minimalis

Masih berhubungan dengan bobot yang ogah berlebihan. Oleh karena itu, dipilih peredam HushMat Quiet Pad yang terkenal bobotnya ringan dan kemampuan meredamnya amat baik. “Kami gunakan di pintu depan dan di lantai mobil, untuk memaksimalkan hasil suara dan juga menambah kenyamanan,” ucap Ricky.

Pertahankan Head Unit OEM

Sumber suara tetap pertahakan head unit bawaan Toyota 86, karena menurut 2 sahabat ini, fitur pada Kenwood bawaan juga sudah lengkap, yaitu DVD, Bluetooth, Ipod, USB dan mempunyai hasil suara yang mumpuni.

Speaker Free Air

Untungnya posisi speaker bawaan Toyota 86 sudah bisa mengakomodir 3 unit speaker, jadi tidak ada masalah untuk menggunakan speaker 3-way. Hanya saja posisinya benar-benar rebah, jadi bukan sekedar sleep midrange, tapi juga sleep tweeter.

Tantangan justru datang dari terbatasnya ruang midrange dan tweeter OEM yang diganti dengan Focal KRX3. “Jadi penempatan speaker-nya adalah free air, kami pasang peredam di daerah tersebut sehingga daerah sekitar speaker lebih solid. Dan kemudian kami juga membuatkan baffle khusus ke factory grill speaker-nya sehingga suara dari speaker tersebut tidak tersebar, dan dispersi suara keluaranya ke dalam kabin, tidak memantul balik atau cancel ke dalam dashboard,” terang sang installer.

Subwoofer Di Tempat Ban Serep

Dalam meracik subwoofer, sang installer meletakannya di tempat ban serep. Sekali lagi, faktor handling jadi acuan. “Karena subwoofer merupakan penambahan komponen yang paling berat (sub+box), jadi kami pilih tempat tersebut agar distribusi kiri dan kanannya lebih rata atau center of the car, sehingga handling mobil tidak terganggu. Untuk volume boks dari subwoofer Focal Polyglass 8 inci ini adalah 0,4 cu.ft,” ungkap Ricky.

Urusan mengoptimalkan suara, si bos mempercayakan pada power Focal 5-channel yang dikolaborasikan dengan processor Audison bit Ten dan kabel Tchernov. “Processor ini budget friendly dan juga mempunyai kualitas suara yang baik, dan tuning capability-nya juga presisi sekali,” kata Ricky.

Frekuensi Lengkap Dan Bass Yang Sempurna

Hasil kerja keras akhirnya terbayar juga. Frekuensi lengkap dan bass yang sempurna hadir di dalam kabin Toyota 86 berkelir oranye ini. “Hasil akhir-nya kami sangat puas, frekuensi suara dapat dihadirkan secara lengkap, posisi imaging pun bagus, sehingga panggung suara dapat tertata dengan baik,” ungkap sang kawan installer.

“Love the bass! Bukan dalam artian jedang-jedungnya loh, melainkan depth + attack + tone bass nya tanpa disangka mampu tercipta dengan baik, meski placement midbass hanya pada posisi OEM (standar) bawaan mobil saja. Lalu subwoofer pun hanya menggunakan ukuran 8 inci,” ungkapnya. Untuk mengapresiasikan audio di mobilnya, Roland pun mengungkapkan satu kalimat : “Can't take my eyes off you...”


0 comments:

Loading...

Post a Comment