Friday, August 23, 2013

NYAMAN BERKENDARA SELAMA LIBURAN NATAL DAN TAHUN BARU

RUMAH sudah siap ditinggalkan. Kini, fokus hanya tertuju pada kendaraan jika liburan Natal dan akhir tahun kali ini Anda akan mengandalkan mobil pribadi. Demi kenyamanan perjalanan, beberapa tips berikut ini mungkin akan berguna.
Sebelum berangkat, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan pada mobil pribadi.

1.       Tune up
Pemeriksaan ini berguna untuk mengetahui kondisi prima mobil. Periksalah platina, busi dan knalpot. Selanjutnya untuk menjaga kebersihan karburator, injector dan sistem saluran bahan bakat, tambahkan campuran bahan bakar yang dapat meningkatkan akselerasi mesin dan bahan bakar yang irit.

2.       Minyak rem
Hati-hati di musim hujan. Pastikan rem mobil Anda bekerja sempurna, periksa minyak rem. Jika kurang tambahkan minyak rem netral. Kuras dan ganti minyak rem setiap 20.000 km atau satu kali setahun (mana yang lebih dahulu tercapai). Periksa juga kondisi rem tangan.

3.       Air Indiator
Periksa radiator untuk memastikan sirkulasi air pendingin lancar. Bila perlu kuras dengan radiator flush untuk membersihkan sisa kerak di radiator. Periksa juga kipas dan talinya. Sangat dianjurkan penambahan cairan pendingin radiator, yang sekaligus berfungsi mencegah karat, pembuihan dan melumasi water pump dalam radiator.

4.       Power steering
Periksa sistem power steering mobil Anda. Bila perlu tambahkan power steering fluid. Jangan gunakan jenis minyak lain sebagai penggantinya. Untuk menjaga kelancaran dan sistem power steering lebih awet atur ban mobil tetap dalam posisi lurus apabila parkir

5.       Air aki
Periksa kondisi aki. Jangan lupa juga untuk memeriksa sekering, kabel-kabel dan alternatornya. Isilah air aki sebatas level yang dianjurkan.

6.       Tekanan ban
Periksa tekanan ban sesuai anjuran/ketentuan. Pada ban yang terlalu kempes akan terjadi efek perataan (flapping effect) sehingga mudah pecah dalam kecepatan tinggi.

7.       Sabuk keselamatan
Kenakan selalu sabuk keselamatan dam perjalanan. Ini penting, sebab pada saat pengereman mendadak, otot lengan dan kaki saja tak cukup kuat untuk menahan beban berat badan Anda.

8.       Air Wiper
Perjalanan di musim hujan seperti sekarang ini perlu ekstra hati-hati. Terlebih bila Anda pergi di malam hari. Air hujan atau kaca kotor bisa mengganggu pandangan pengemudi. Untuk itu, periksalah kondisi karet wiper, tabung air wiper. Agar supaya kaca lebih jernih tambahkan cairan pembersih kaca.

Selama di perjalanan, berikut ini beberapa tips untuk membantu melindungi mobil Anda dan segala sesuatu di dalamnya.

1.       Simpan barang-barang berharga sebelum sampai tempat tujuan
Saat sampai di hotel dan tempat parkir di dalam atau luar ruangan, sebaiknya simpan barang berharga di bagasi kecil yang terdapat pada dashboard. Jangan taruh barang berharga di tempat yang mencolok karena hal ini bisa mengundang para pencuri untuk berbuat kriminal pada mobil Anda.

2.       Pilih tempat parkir dengan bijaksana
Dimanapun Anda memarkirkan mobil harus selalu waspada dan jangan pernah menganggap remeh meskipun keadaan terlihat aman karena para pencuri akan memaksimalkan celah sekecil apapun.

Saat di bandara sebaiknya memilih tempat parkir yang ramai dan banyak bandara telah memiliki kamera pengintai sehingga memudahkan petugas untuk mengawasi mobil Anda.

Ketika parkir di pinggir jalan, cobalah untuk mencari tempat parkir di dekat sebuah toko yang ramai, di bawah lampu jalan atau di tempat terbuka untuk mempersempit ruang gerak pencuri. Jalan semakin ramai, semakin baik.

3.       Jika ragu, gunakan tempat parkir resmi
Parkir di pinggir jalan adalah tempat yang paling rentan untuk menjadi sasaran pencuri. Jadi, jika Anda merasa tidak nyaman dengan pilihan parkir di pinggir jalan, Anda bisa mencari sebuah tempat parkir yang ada di pusat perbelanjaan atau tempat parkir resmi lainnya. Meskipun lebih aman, bukan berarti Anda kebal dari pencuri. Tetap waspada dan kunci kendaraan Anda dengan aman.

4.       Memarkir mobil sendiri ketika Anda bisa
Kebanyakan petugas parkir (valet), saat Anda pergi ke hotel biasanya akan menjamin keamanan mobil tetapi Anda jangan membuatnya terlalu mudah sebab godaan untuk mencuri bisa datang kapan saja.

5.       Asumsikan jika pencuri ingin mencuri mobil Anda
Dengan mengasumsikan pencuri ingin mencuri mobil, Anda akan selalu waspada meskipun ternyata pencuri itu hanya ingin mengambil barang-barang berharga yang ada di dalam mobil. Dengan kewaspadaan ini otomatis Anda akan melakukan hal-hal yang bisa melindungi mobil Anda, seperti mengaktifkan alarm misalnya. Hal ini akan semakin mempersempit ruang gerak para pencuri

6.       Sebuah mobil yang kurang rapi/ bagus mungkin juga bisa dirampok
Sebagian dari Anda mungkin berpikiran jika mobil yang diparkir di sebelah Anda lebih bagus dari mobil yang Anda punya. Melihat keadaan ini, Anda kemudian berpikir jika mobil tidak akan dicuri. Jika sudah lengah begini, para pencuri bisa leluasa menggunakan kesempatan yang ada meskipun kecil. Jadi, anggaplah mobil Anda sesuatu benda yang berharga.

7.       Periksa barang-barang berharga segera setelah Anda kembali ke mobil
Untuk memastikan tidak ada yang dicuri dari dalam mobil, sebaiknya Anda segera memeriksa barang-barang berharga begitu sampai di dalam mobil. Rasa curiga diperlukan bila menyangkut benda-benda yang Anda anggap penting karena bisa saja pencuri tidak meninggalkan jejak yang mencolok saat mengambil barang-barang yang ada di dalam mobil. (*/X-13)
Sumber : Media Indonesia

0 comments:

Loading...

Post a Comment