Friday, August 23, 2013

Di Tahun 2019 Indonesia Akan Menjadi Pasar Otomoif Terbesar Se Asia Tenggara

Indonesia diprediksi menjadi pasar otomotif terbesar di ASEAN pada 2019, dengan total kendaraan diperkirakan mencapai 2,3 juta. Thailand akan menjadi basis produksi terbesar di kawasan ini.
 
Kondisi perekonomian Indonesia dengan didorong oleh pertumbuhan perekonomian yang stabil dan kelas menengah dengan pendapatan lebih besar, peningkatan investasi dalam sektor otomotif, serta pemberlakuan regulasi otomotif yang mendukung pertumbuhan pasar. Prediksi ini diungkapkan oleh Vijay Rao, Research Director, Automotive & Transportation Practice, Asia Pacific, Frost & Sullivan.

Dia pun mengatakan bahwa peranan ASEAN sebagai suatu kesatuan tidak dapat dipungkiri karena kawasan ini diperkirakan akan menjadi pasar otomotif terbesar kelima di dunia pada tahun 2019. Pasar Malaysia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan, didukung oleh semakin banyaknya model kendaraan asing yang ditawarkan dengan harga kompetitif dan oleh penurunan harga yang terjadi sebagai dampak dari liberalisasi pasar.

“Jumlah produksi kendaraan di ASEAN diperkirakan akan tumbuh sebesar 8 persen CAGR pada 2012 – 2019 mencapai 7.05 juta unit pada tahun 2019,” katanya.

“Thailand diproyeksi akan mempertahankan dominasinya sebagai pusat produksi terbesar di ASEAN berkat perluasan kapasitas yang diperkirakan akan dilakukan secara besar-besaran, peningkatan ekspor dan permintaan domestik, dan juga ketersediaan tenaga kerja terampil  yang didukung oleh industri komponen otomotif yang berkembang dengan baik.”

Rao mengatakan bahwa produksi kendaraan di Indonesia sebagian besar melayani penjualan domestik yang didorong oleh peningkatan permintaan otomotif dan masuknya investasi asing untuk perluasan produksi. Ia juga mengungkapkan bahwa ketika OEM-OEM Eropa dan Cina mendirikan pabrik di Malaysia, mereka juga melirik negara tersebut untuk dijadikan pusat perakitan dan manufaktur.

Sumber : Dapurpacu.com

0 comments:

Loading...

Post a Comment